CV. Andalan Cipta Reka



" />


Jumat, 04 Maret 2016

Mungkinkah Desain Rangka Atap Ekspose Diterapkan pada Baja Ringan?

Mungkinkah Desain Rangka Atap Ekspose Diterapkan pada Baja Ringan?

Keunggulan material baja ini diantaranya adalah keluwesannya mengikuti beragam desain rangka atap. Jika benar demikian, harusnya struktur rangka atap baja ringan juga mungkin untuk diekspose? Lalu terkait pertanyaan kedua dari klien kami, apakah hasil rangka atap ekspose tersebut akan terlihat rapi dan estetis ya?
Memang berbeda dengan material rangka atap kayu yang selama ini sering menjadi materi atap ekspose, sehingga menjadi tidak asing lagi. Sedikit berbeda, baja ringan memerlukan perlakuan khusus, ketelitian lebih dibanding kayu. Hal ini karena baja ringan terlihat lebih kaku secara visual dibanding dengan kayu.
Dengan pemasangan yang terkontrol baik dan rapi, hasilnya atap ekspose struktur baja ringan tetap enak dipandang dan sesuai dengan keinginan klien atau juga sesuai desain yang direncanakan. Selain pemasangan yang rapi, penggunaan alumunium foil (double side khususnya) membantu struktur baja ringan terlihat lebih rapi.
Sementara mengejar desain, keuatan struktur tetap harus diprioritaskan. Jika hal ini terabaikan, alih-alih mengejar desain yang rapi, sebaliknya kegagalan struktur justru terjadi. Untuk itu, pastikan setiap pemasangan atap yang diekspose juga memperhatikan setiap detail-detail struktur, bracing harus terpasang dengan baik, ikatan stabilitas, ikatan angin, dan perlakuan-perlakuan struktur pada sisi yang membutuhkan kekuatan ekstra harus diperhatikan. Jika ini dilakukan maka selain desain yang enak dipandang mata, struktur yang kuat akan didapatkan pula.
Pada konstruksi rangka atap baja ringan ekspose ini bisa digunakan material tambahan berupa ram kawat dan glaswool guna mendapatkan udara yang sejuk dibawahnya. Glaswool menyerap panas sehingga ruangan di bawah bisa menjadi lebih dingin. Glaswool akan menjadi peredam suara, misalnya gemuruh air hujan yang jatuh di atap atau suara lainnya dari luar. Sementara Ram kawat berfungsi menahan glaswool dan berfungsi sebagai pengaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar