CV. Andalan Cipta Reka



" />


Kamis, 03 Maret 2016

Langkah Tata Cara Pemasangan Baja Ringan

Langkah Tata Cara Pemasangan Baja Ringan :

A. Bentuk atap Baja ringan 
Perhatikan bentuk atap yang akan di bangun karena sebagai Faktor Penentu Estetika atau keindahan atap bangunan (bentuk atap)

B. Menghitung Volume Baja Ringan 
kebutuhan volume baja ringan biasanya semakin banyak jurai semakin luas atap semakin mahal. tentunya berbeda dengan atap sederhana (cek hitungan perkiraan)

C. Mempersiapkan Gambar Kerja.
pemsangan baja ringa
Persiapkan gambar kerja berupa denah bangunan secara menyeluruh karena gambar kerja ini menentukan jarak kuda dan kebutuhan kuda-kuda. gambar kerja yang di keluarkan terlebih dahulu mempertimbangkan jarak kuda-kuda yang akan di pakai, biasanya jarak kuda-kuda yang aman tidak lebih dari 1,20 meter. Gambar kerja ini jangan sampai di tentukan oleh tukang/aplikator bangunan haruslah rekomendasi dari penyedia baja ringan karena selama ini tukang berdasarkan atas empiris bukan hasil dari analisa sofware.


D. Bahan Baja Ringan Label SNI
Baja Ringan Label SNIMutu Kualitas baja ringan haruslah menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI) maka tanyakan kepada penyedia baja ringan apakah sudah memakai SNI di setiap batang baja ringan.
Teliti dulu sebelum membeli konsumen mempunyai hak untuk bertanya mengenai perlindungan konsumen (konsumen cerdas paham perlindungan).

E. Penutup Atap tentukan terlebih dahulu 
penentuan ketebalan Profil C Baja ringan biasa tergantung atap yang di pakai ,biasa semakin berat genting yang akan di pakai semakin berat pula pembebanan terhadap struktur baja ringan tentunya  baja ringan harus ada perbedaan dimana ketebalan profil ini bervariasi mulai dari profil : C 75/65 , C 75/75, C75/100.

F. Pemasangan Baja Ringan 
dynabolt baja ringanyang perlu di perhatikan dan diawasi dalam hal pemasangan : 
1. Jarak antar kuda-kuda (jarak max 1,20 meters)
2. Sambungan Kuda-Kuda, 
3. Web/ Ander (jarak max 1,20 - 1.50 meters)
3. Kaki (sepatu kuda), minimal dua buah jikalau satu sebaiknya di komplain
4. Baut Yang di pakai.


Baja ringan titik buhulBaja ringan Titik Tumpu Double


Tuk dapat hasil yg maskimal cara pemasangan rangka atap baja ringan sebaiknya memperhatikan beberapa kriteria berikut ini:
Hitung Berapa Derajat Kemiringan Atap
Semakin curam kemiringan, maka dipastikan akan menambah besar jumlah luas atapnya. Idealnya, kemiringan atap berada pada kisaran 25 dan 30 derajat. Takaran ideal ini dilihat baikdari segi konstruksi, maupundari sisi jumlah luasnya. Dgn tingkat kemiringan seperti itu, jumlah bahan yg dipergunakan tuk rangka atapbaja ringan akan efisien.

Hitung Jumlah Beban Atap
Beban terdiri dari beban hidup, beban mati dan beban angin. Variabel yg bisa disiasati adalah beban mati, yaitu penggunaan penutup atapnya, karena itu pertimbangkanlah material tuk penutup atap.

Bentuk Atap
Bentuk atap paling baik tuk cara pemasangan rangka atap baja ringan adalah pelana dan limasan berikut kombinasinya. Bila memakai atap dgn model lengkung, tetap dapat menggunakan rangka atap baja ringan namun dgn harga relatif lebih mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar