CV. Andalan Cipta Reka



" />


Rabu, 11 Mei 2016

Model Plafon Kayu, Kemewahan yang Natural

Model Plafon Kayu, Kemewahan yang Natural
Ada banyak bahan untuk membuat plafon atau langit-langit dari rumah, mulai dari gypsum yang sangat populer di rumah yang bernuansa minimalis, bahan fiber luwes dan ringan, serta plafon akustik yang bisa meredam suara. Namun di antara semua jenis plafon tersebut, bisa dibilang bahan material yang paling membutuhkan tangan yang terampil dan ketelitian dalam memilih bahan adalah model plafon kayu.
Kenapa plafon kayu jarang dipakai sekarang ini? Hal ini tak terlepas dari kekurangan bahan kayu ini sendiri yang cukup fatal bagi rumah, apalagi kalau tidak ditangani dengan baik. Kekurangan bahan plafon kayu ini adalah:
  • Tak tahan air – akan sangat sulit menangani plafon kayu ini jika daerah sekitar rumah Anda sangat tinggi intensitas kelembabannya. Plafon ini mempunyai tingkat rembesan yang tinggi.
  • Mudah terbakar – karena terbuat dari kayu, tentu saja ancaman kebakaran karena api ini harus diperhatikan, lantaran kayu sangatlah mudah terbakar.
  • Rayap – kalau Anda tidak memilih kayu yang tepat, dan tidak melakukan proses anti-rayap yang benar, Anda akan menemukan kayu ini cepat atau lambat menjadi lapuk dimakan rayap.
  • Lama – lantaran semua kekurangan tadi harus diatasi terlebih dahulu, maka pengerjaan dengan menggunakan plafon dari bahan ini akan memakan waktu yang cukup lama, dan harus berada di tangan orang yang benar-benar ahli.
Meski demikian, alasan di atas sebenarnya tidak mencegah Anda untuk menggunakan plafon semacam ini. Seperti yang pastinya sering Anda lihat sendiri di gambar-gambar arsitektur, kelebihan dari model plafon kayu ini adalah:
  • Plafon yang dipakai di rumah-rumah memberikan fungsi estetika yang sangat tinggi. Rumah dengan langit-langit kayu ini mempunyai kesan yang nyaman, homey¸ natural, dan mewah.
  • Menggunakan plafon kayu menandakan Anda mempunyai cukup waktu dan uang untuk mengatasi kekurangan dasar yang dimiliki oleh bahan kayu tersebut.
  • Warna coklat dan motif atau serat yang diberikan oleh kayu memberikan kesan back to nature, Anda serasa kembali berada di alam bebas.
Meski banyak jenis kayu yang bisa Anda pakai untuk membuat plafon ini, bahan terbaik yang bisa Anda gunakan adalah kayu jati. Kayu ini mempunyai banyak kualitas yang akan menyeimbangkan kekurangan plafon kayu biasa, seperti kekuatannya dan juga kualitas anti rayap yang dimilikinya. Kayu jati juga mempunyai warna dan motif natural yang sangat cocok untuk membuat plafon rumah yang elegan dan mewah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar